RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Aliyah : Madrasah
Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Qur’an Hadits
Kelas : VII
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 x pertemuan)
Ø Standar
Kompetensi
ü
Iman dan Ibadah
Ø Kompetensi
Dasar( KD )
ü
MembacaHadits
ü
Menulishaditsdenganbaikdanbenar
ü
Mengartikanhaditsdengantepat
ü
Menjelaskanisikandunganhadits
Ø Indikator
ü
Siswa mampu membaca HaditstentangIman dan Ibadahbaikperkatamaupunsegaligus
ü
Siswa mampu menyalin,
menulistentangHaditsIman
dan Ibadah
ü
Siswa mampumenyebutkanartiHaditsdenganperkatamaupunkeseluruhantentangHaditsIman dan Ibadah
ü
SiswamampumenjelaskankandunganisiHaditstentangHaditsIman dan Ibadah.
Ø Media yang digunakandalam
proses pembelajaran
Guru, siswa, buku, Al-Qur'an,
Power point, papantulis, danlcd.
Ø Tujuan
Pembelajaran
ü
Melalui membaca, siswa dapat
menjelaskan dan memahami makna dari Iman dan Ibadah serta siswa dapat
menjelaskan dengan baik dan benar Hadits tentang Iman dan Ibadah.
ü
Melalui diskusi, siswa dapat
memahami kandungan dari Hadits yang bersangkutan dengan Iman dan Ibadahserta siswa dapat menerapkan Iman dan
Ibadahdalam kehidupan sehari-hari.
Ø Metode
pembelajaran
ü
Tanya jawab
ü
Game dan
ü
Ceramah.
Ø Langkah
– langkah kegiatan pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Keterangan
|
|
1
|
Pendahuluan
|
Guru menjelaskantujuanpembelajaranmateri yang akandisampaikan
|
|
Guru membukapembelajarandenganmemberikanpertanyaan yang bersifatumum
|
|||
2
|
Inti
|
Eksplorasi
|
MencariinformasitentangpengertianIman dan
Ibadah
|
MencariHadits yang berkaitandenganIman dan
Ibadah
|
|||
MencarikandungandariHaditstentangIman dan
Ibadah
|
|||
Mencariinformasidanberdiskusimengenaihadis Iman
dan Ibadah
|
|||
Elaborasi
|
SiswamenjelaskanpengertianIman dan
Ibadah
|
||
SiswamembacadanmenulisHaditstentang Iman dan
Ibadah
|
|||
Konfirmasi
|
Guru menjelaskanhal-hal yang belum di
mengertiolehsiswa
|
||
Guru dansiswabertanyajawabtentangIman dan
Ibadah. Dan guru memberikankesimpulan.
|
|||
3
|
Penutup
|
Guru merumuskankesimpulanpembelajaran
|
|
Guru melakukanevaluasipembelajaran
|
|||
Guru memberikaninformasitentangmateripembelajaran
yang akandatang
|
Ø Sumber
Belajar
Buku
Qur’an Hadits Madrasah Tsanawiyah kelas VII yang di terbitkan oleh PT. Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri
Ø Penilaian
Teknik
penilaian dilakukan menggunakan tes tertulis, dengan bentuk intrumen pilihan
gandadanuraian.
(soal evaluasi terlampir).
Ø Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian Iman dan Ibadah
Iman itu ialah dipercaya dalam hati,
diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan. (H.R. Ibnu Majah dari
Ali bin Abi Talib No.64)
Iman itu ada tujuh puluh satu
cabang. Yang pertama ialah ucapan la ilaha illallah, sedangkan yang
paling rendah ialah menyingkirkan gangguan dari tengah jalan. Adapun malu juga
sebagian daripada iman. (H.R Muslim dari Abu Hurairah No.51)
Ø KomponenIman dan Ibadah
ü
Dipercaya dalam hati,
ü
Diucapkan dengan lisan, dan
ü
Diamalkan dengan perbuatan
Ø Dasar Hukum
Iman dan Ibadah
1.
Al-Qur’an
$pkr'¯»ttûïÏ%©!$#(#qãYtB#uä(#qà)®?$#©!$#¨,ym¾ÏmÏ?$s)è?wur¨ûèòqèÿsCwÎ)NçFRr&urtbqßJÎ=ó¡BÇÊÉËÈ
102.
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa
kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam Keadaan
beragama Islam. (QS. Ali-imran 102)
2.
Hadis
اَلْاِيْمَانُ مَعْرِفَةٌ بِالْقَلْبِ وَقَوْلٌ بِاللِّسَانِ وَعَمَلٌ
بِاْلاَرْكَانِ. (رواه ابن ماجه
عن علي بن ابى طالب)
Iman itu ialah dipercaya dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan
dengan perbuatan. (H.R. Ibnu Majah dari Ali bin abi Thalib No. 64)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar