BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Qur’an Hadis
merupakan salah satu bagian dari materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam
yang dapat mendukung tercapainya tujuan pendidikan agama islam. Oleh karena
itu, qur’an hadis menjadi salah satu materi yang penting untuk disampaikan.
Agar dapat mengajar
Qur’an hadis dengan baik, efektif dan efisien maka seorang guru dituntut mampu
menganalisis materi yang terdapat dalam buku. Hasil analisis ini akan membantu
guru untuk melakukan pembelajaran secara optimal. Selain analisis, guru juga
dituntut untuk mampu membuat Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menentukan bahan yang akan diajarkan serta
membuat soal evaluasi untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dari
penyampaian materi yang dilakukan oleh guru kepada siswa.
Oleh karena itu
dalam makalah ini, akan disajikan analisis materi yang
bersumber dari buku Qur’an Hadits untuk Madrasah Tsanawiyah kelas VII
diterbitkan oleh PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
B.
Rumusan
Masalah
Rumusan masalah dalam makalah ini adalah:
1.
Bagaimana analisis materi Qur’an Hadist
dalam buku ?
2.
Bagaimana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang akan dilakukan dalam
mengajarkan materi Qur’an Hadist ?
3.
Bagaimana bahan ajar yang baik
untuk diberikan kepada peserta didik ?
4.
Bagaimana soal evaluasi yang akan
diberikan kepada peserta didik?
C.
Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah:
1.
Untuk mengetahui hasil analisis
materi dalam buku Qur’an
Hadits untuk Madrasah Tsanawiyah kelas VII
2.
Untuk mengetahui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang akan diterapkan kepada
peserta didik
3.
Untuk mengetahui bahan ajar yang
baik untuk diberikan kepada peserta didik
4.
Untuk mengetahui soal evaluasi
yang akan diberikan kepada peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar